Puskesmas Andalas Laksanakan Deteksi Dini Kanker Payudara Dan Kanker Serviks

Deteksi dini kanker payudara dan kanker leer rahim di puskesmas andalas

Selasa (5/7) Puskesmas Andalas, Padang gelar kegiatan pemeriksaan dini kanker payudara dan kanker serviks. Setelah sempat vakum pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi covid-19, tahun ini kegiatan deteksi dini kembali dilangsungkan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

kegiatan deteksi dini merupakan program kementrian kesehatan RI dalam rangka mencegah perempuan Indonesia dari kanker payudara dan kanker leher rahim sejak dini. Selain itu juga dalam rangka meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan di puskesmas terkait dalam hal deteksi dini.

Terdapat enam puskesmas di Kota Padang yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Kota Padang untuk menjadi pelaksanaan praktek lapangan pelatihan deteksi dini ini, yaitu puskesmas Andalas, Puskesmas Padang Pasir, Puskesmas Lubuk Buaya, Puskesmas Anak Air, Puskesmas Air Dingin dan Puskesmas Nanggalo.

Kegiatan deteksi dini di puskesmas Andalas di dampingi oleh tim dari BAPPELKES KEMENKES RI Batam , ibu Astrried Yustika Rini. Puskesmas Andalas menunjuk dr. Fifil Wahyuni sebagai fasilitator untuk pelaksanaan deteksi dini bersama bidan Susilawati, A.Md.Keb.

Sebelum melakukan pemeriksaan, pasien deteksi dini diberikan pengarahan dan pengenalan terkait apai itu kanker payudara dan kanker leher rahim. kemudian penjelasan terkait prosedur deteksi dini dengan SADANIS dan IVA.

Setelah pasien selesai melakukan tes tersebut, dilakukan konseling sesuai kebutuhan (IVA negatif, IVA Positif, tanda kanker servks, SADANIS normal / ada tanda-tanda yang didapatkan). Semoga dengan diadakannya deteksi dini ini, masyrakat akan lebih awar terhadap pentingnya menjaga kesehatan organ reproduksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.