Puskesmas Andalas Raih Juara Pertama dalam Pencapaian Program Tuberculosis se- Kota Padang

Selasa, 24 Mei 2022 Puskesmas Andalas mendapatkan penghargaan sebagai puskesmas dengan pencatatan dan pelaporan TB terbaik se-Kota Padang. Pada acara pertemuan pertemuan untuk evaluasi program TB yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Padang di Hotel Rang Kayo Basa penanggungjawab TB puskesmas Andalas, Ns. Lusina Novita hadir untuk mewakili secara langsung acara penghargaan tersebut.

Tahun-tahun sebelumnya, bisa dikatakan puskesmas andalas selalu berada pada posisi lima terakhir dari 23 puskesmas se-kota padang. sasaran TB wilayah puskesmas andalas cukup tinggi, sehingga diperlukan integrasi serius dari pihak internal puskesmas maupun eksternal.

Sesuai arahan dari kepala puskesmas, dr. mela aryati, bahwa pengoptimalan program TB memerlukan kekuatan jejaring internal dan eksternal yang baik. dr. mela menghimbau semua program terkait agar dapat fokus menyelesaikan target masing-masing, sehingga capaian Bersama dapat terwujud.

Integrasi program TB memerlukan integrasi jejaring internal seperti pemeriksaan sputum dan pelaporan yg baik dari laboraorium. Koordinasi pemegang program penyakit menular yang selalu terkoordinir. Hal ini dibutuhkan rasa tanggungjawab yang serius dari pemegang program ptm. Serta tidak kalah penting adalah, pemegang program tb yang selalu update dan turun lapangan dalam pemantauan dan penjaringan kasus tb. Dengan begitu dapat mencapai target sasaran bahkan melebihi target.

Taget pencapaian kasus tb pada trimester 2022 adalah 90% dari kasus terduga tb. Dan pencapaian puskesmas andalas per trimester ini lebih dari 100%.

Selamat kepada puskesmas andalas, semoga prestasi dan etos kerjanya selalu terjaga. Kita sam-sama berharap dan berdoa semoga masyarakat tergerak untuk selalu hidup sehat dan sadar akan pemeriksaan kesehatan dini. kita doakan Bersama-sama agar tenaga kesehatan kita selalu diberikan kekuatan oleh Allah SWT dalam menjalalankan tugasnya sebagi garda terdepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.