Sosialisasi Vaksinasi Anak Sekolah “Vaksinasi Bagus Untuk Memulai Sekolah Tatap Muka”

Kesehatan masyarakat selalu menjadi prioritas Pemerintah dalam penanganan Covid-19 di Indonesia. Vaksinasi yang menjadi salah satu upaya menguatkan imunitas masyarakat terus digaungkan Pemerintah dan selaras dengan pelaksanaannya di lapangan. Pemerintah telah melakukan vaksinasi secara bertahap kepada kelompok tenaga kesehatan, lansia, dewasa, ibu hamil, remaja, hingga kini diperluas kepada kelompok anak-anak usia 6 sampai 11 tahun.

Vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun akan dimulai Selasa 14 Desember 2021. Jumlah sasaran vaksinasi mencapai 26,5 juta anak berdasarkan data sensus penduduk 2020.

Kamis (20/1) Puskesmas Andalas perdana lakukan Sosialisasi Vaksinasi COvid-19 untuk anak sekolah. Kegiatan sosialisasi pertama ini diselenggarakan di SD Negri 22 Padang. Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri oleh orang tua murid kelas 1 – kelas 6. Orang tua murid antusias mendengarkan sosialisasi vaksin untuk anak-anak mereka.

Seperti yang pernah disampaikan oleh menko Airlangga bahwa Vaksinasi anak-anak ini bagus untuk dimulai dan ditargetkan pada kuartal pertama tahun depan selesai. Sehingga dengan anak-anak divaksin ini diharapkan bisa mulai sekolah tatap muka. Karena selama 2 tahun sekolah daring tentu ada skill yang hilang, terutama untuk sosialisasi, khususnya kehidupan sosial dengan teman-teman sebayanya.

Dengan Vaksinasi anak usia sekolah, akan melindungi banyak sekali pihak dari resiko berat Virus Corona. Selain menjadi tameng sesama anak, mereka juga akan menjadi pelindung untuk keluarganya dirumah, dan juga pedagang kecil ataupun tempat yang sering dikunjungi anak sekolah.

Sosialisasi vaksinasi di SD 22 Padang di hadiri langsung oleh Kepala Puskesmas (dr. Mela Aryati) beserta tim vaksinator Puskesmas Andalas. Selain itu juga Kepala Sekolah SD 22 Padang serta Aparat Kepolisian. Vaksinasi anak sekolah dilakukan dengan tujuan agar percepatan vaksinasi COvid-19 di Indonesia betul-betul berjalan. Semakin banyak dari kalangan penduduk yang divaksin semakin cepat tercapai herd immunity (kekebalan komunitas) untuk Indonesia.

Manfaat vaksinasi Covid-19 di antaranya yaitu :

1. Merangsang sistem kekebalan tubuh

Vaksin terdiri dari berbagai produk biologi dan bagian dari virus yang sudah dilemahkan dan disuntikkan ke dalam manusia. Proses ini akan merangsang timbulnya imun atau daya tahan tubuh seseorang.

2. Mengurangi risiko penularan tubuh

Seseorang yang telah disuntikkan vaksin akan merangsang antibodi untuk belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan tersebut. Dengan demikian tubuh akan mengenal vurs dan mengurangi risiko terpapar.

3. Mengurangi dampak berat dari virus

Dengan kondisi kekebalan tubuh yang telah mengenali virus, maka jika sistem imun seseorang kalah dan kemudian terpapar maka dampak atau gejala dari virus tersebut akan mengalami pelemahan.

TIPS sebelum anak melakukan vaksinasi :

  1. Sarapan pagi atau makan sebelum divaksin.
  2. Istirahat yang cukup sehari sebelum divaksin.
  3. Apabila setelah vaksinasi tangan anak membengkak, dapat dikompres menggunakan air dingin.

“Jangan Ragu Ikuti Vaksinasi yang ada di Sekolah mu ya :)”

Sumber:

Kompas.com https://edukasi.kompas.com/read/2021/12/20/150400671/manfaat-menerima-vaksin-covid-19-anak-6-11-tahun-siswa-perlu-tahu?page=all.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3568/menko-airlangga-vaksinasi-anak-bagus-untuk-memulai-sekolah-tatap-muka-hindari-skill-sosialisasi-anak-yang-hilang.

Kemenkes RI. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20211212/1938972/vaksinasi-covid-19-untuk-anak-usia-6-11-tahun-dimulai-14-desember/

Leave a Reply

Your email address will not be published.