Jaga Kesehatan Anak Sekolah Puskesmas Andalas Lakukan Skrining Dan Imunisasi

Jaga Kesehatan Anak Sekolah Puskesmas Andalas Lakukan Skrining Dan Imunisasi

Puskesmas Andalas melaksanakan skrining dan imunisasi dalam agenda BIAS (bulan Imunisasi Anak Sekolah). Kegiatan ini di jadwalkan selama bulan agustus. target kegiatan ini mencakup seluruh sekolah dasar di wilayah kerja Puskesmas Andalas. Skrining kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan tanda vital, status gizi melalui tinggi dan berat badan, pemeriksaan kesehatan mata, gigi dan mulut. Target sasaran kegiatan ini adalah siswa kelas 1 SD di semua SD di wilayah kerja Puskesmas Andalas.

Dari kegiatan itu 986 orang siswa telah di berikan imunisasi, 1923 orang siswa di screening. Imunisasi penting bagi anak sekolah. Gestiani sebagai pemegang program imunisasi menuturkan pentingnya imunisasi adalah agar anak sekolah terhindar dari penyakit campak dan rubella. Manfaat imunisasi bisa membuat tubuh memang kebal terhadap penyakit atau setidaknya mengurangi dampak dari penyakit tersebut. Maka penting agar anak anak mendapatkan imunisasi. Dalam pelaksanaan kegiatan Gestiani menyampaikan bahwa masih ada orang tua yang tidak mengizinkan anaknya untuk di imunisasi. Menurut nya hal ini disebabkan informasi negatif tentang imunisasi juga ke khawatiran orang tua bila justru anaknya menjadi sakit bila di imunisasi. Padahal demam setelah imunisasi adalah hal wajar sebagai respon tubuh pada vaksin yang masuk ke tubuh.

Kegiatan BIAS adalah kegiatan rutin tahunan. Pelaksanaan kegiatan biasanya di lakukan pada bulan Agustus dan November. pada bulan Agustus imunisasi yang diberikan adalah campak dan rubella, sedangkan pada bulan November yang diberkan adalah difteri dan tetanus. Maka dari itu orang tua tidak perlu khawatir dengan imunisasi anak. Karena imunisasi bertujuan untuk membuat anak menjadi lebih sehat dan tidak rentan terhadap penakit menular. Mari kita lakukan imunisasi agar terhindar dari penyakit menular.

Leave a Reply

Your email address will not be published.