Pemuda Keren, Role Model Pemuda Sebagai Konselor Sebaya.

Perilaku kenakalan remaja sudah memprihatinkan. Kasus-kasus seperti hamil diluar nikah, pelecehan seksual, aborsi, LGBT, HIV-AIDS adalah yang kasus yang semiakin meningkat angkanya di Sumatera Barat terutama Kota Padang terang dr. Poby Karmendra (Konsultan HIV-Aids RSUP M.Djamil). Kita perlu sadar bahwa pendidikan seksual dan kesehatan reproduksi adalah hal yang perlu diberikan sejak dini pada anak. Sehingga rasa penasaran anak diusia remaja dapat diarahkan ke arah positif jika mereka sudah memahami. Karena jika dibiarkan tanpa pengarahan mereka akan mencari tahu di dunia maya lalu mendapat informasi yang tak semestinya.

Kita memahami bahwa ada celah yang tidak bisa terhubung dalam membangun keterbukaan komunikasi antar lintas generasi. Kecenderungan remaja saat ini adalah lebih terbuka kepada teman sebayanya. Itulah alasan Pemuda Keren di hadirakan. Pemuda Keren adalah Inovasi dari Puskemas Andalas dalam Program PKPR di wilayah Padang Timur. Pemuda Keren di hadirkan sebagai konselor sebaya bagi sesama remaja.

Pembekalan pada Pemuda Keren ini dilakukan kepada 60 orang siswa setingkat SMA dan SMP yang sekolahnya berada di wilayah Kecamatan Padang Timur. Materi yang diberikan adalah tentang bagaimana bahya dan dampak negatif dari perilaku seksual yang tidak sehat, bagaimana cara pencegahan dan tindakan yang bisa diberikan kepada teman sebayanya.  Pembekalan tersebut di berikan oleh seorang dokter konsultan HIV-Aids, dokter spesialis anak, dan seorang ustadz.

Dengan begitu diharapkan program inovasi ini mampu memberikan dampak positif berupa penurunan angka kasus-kasus yang sudah disebutkan diatas di wilayah Padang Timur Khususnya dan Kota Padang umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.